Bagaimana Cara Memulai Bisnis Jasa Penerjemah Tanpa Modal Besar

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Jasa Penerjemah Tanpa Modal Besar

Memulai bisnis jasa penerjemah adalah hal yang sangat unik sekali, ada beragam keuntungan yang bisa didapatkan, seperti:

  • Memperluas relasi
    Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan ketika Anda memulai bisnis jasa penerjemah adalah memperluas relasi yang umumnya bisa berasal dari beragam kalangan, baik kalangan edukatif maupun aristokrat.
  • Penghubung budaya
    Secara tidak langsung, Anda bisa menjadi seorang penghubung budaya ketika menjadi seorang penerjemah. Anda bisa membuat orang lain makin paham dengan budaya bahasa dari negara tertentu ketika Anda berhasil menerjemahkan artikel, penelitian ilmiah, atau modul wisata.
  • Menambah pengetahuan
    Saat Anda menjadi seorang penerjemah serta benar-benar menekuni bisnis jasa penerjemah dan tour guide, Anda bisa menambah pengetahuan kultur yang ada di sebuah negara. Dengan begitu, Anda memiliki nilai lebih pada saat ingin mendaftar di pekerjaan yang berhubungan dengan bidang penerjemah atau sastra.
  • Meningkatkan penghasilan tambahan
    Sebagai seorang penerjemah yang memiliki pekerjaan sampingan menerjemahkan artikel, makalah ilmiah, atau buku sastra bahasa dari satu bahasa ke bahasa lain, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan yang secara tidak langsung meningkatkan juga kemampuan Anda untuk mandiri secara finansial.

Setelah memahami beragam keuntungan di atas, berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda lakukan saat memutuskan menekuni bisnis jasa penerjemah.

Menentukan target pasar

Anda perlu memahami bahwa bidang bisnis penerjemah memiliki konsumen khusus yang tidak bisa dengan sembarangan ditangani. Itu sebabnya, Anda perlu menentukan lebih dulu target pasar yang dituju. Dengan begitu, Anda juga bisa menentukan jenis layanan yang diberikan pada konsumen. Sebagai contoh, saat Anda menguasai sastra Jepang, Mandarin, dan Perancis, kemudian Anda ingin memiliki layanan jasa penerjemah dengan rentang usia 18-30 tahun, maka tipe konsumen yang bisa Anda beri layanan penerjemah bisa dimulai dari mahasiswa hingga profesional muda yang bekerja sama dengan orang asing dari negara-negara yang bahasanya Anda kuasai.

Menerima pesanan freelance

Jika Anda masih pemula di bidang bisnis jasa penerjemah online, Anda bisa memberikan pelayanan secara freelance dengan menawarkan pada kenalan dekat lebih dulu. Anda bisa memulai layanan jasa yang dimiliki dengan menerjemahkan jurnal ilmiah, memperbaiki tata bahasa asing yang Anda kuasai, atau menerjemahkan artikel berbahasa asing. saat Anda selesai melayani konsumen yang masih teman dekat, jangan lupa minta mereka merekomendasikan jasa yang Anda miliki pada teman atau keluarga di lingkar pertemanan mereka. 

Melakukan inovasi jasa dan layanan

Ketika Anda ingin pendapatan semakin meningkat di bidang bisnis penerjemah, Anda bisa melakukan inovasi jasa dan layanan yang dimiliki. Misalnya saja dengan garansi layanan atau inovasi lainnya. Dengan inovasi yang semakin baik sambil memanfaatkan teknologi yang tersedia, Anda bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.

Memasarkan melalui media sosial

Salah satu media yang bisa digunakan untuk memasarkan bisnis jasa penerjemah adalah media sosial Instagram dan Facebook. Agar konsumen Anda merasa tertarik dengan jasa yang dilakukan, pasarkan media sosial dengan gambar atau bahasa click bait yang menarik.

Cepat tanggap dan solutif untuk kemungkinan permasalahan penerjemah

Jika ada masalah saat Anda menerjemahkan artikel atau makalah berbahasa asing milik konsumen, pastikan tidak ada masalah pelanggaran hak cipta atau masalah lainnya dengan menanyakan latar belakang dokumen yang akan diterjemahkan. Saat Anda tahu latar belakang materi yang akan diterjemahkan, Anda tidak akan terkena masalah dalam bentuk apapun. Disisi lain, jika ada masalah kesalahan terjemahan atau masalah lainnya, cari solusi terbaik yang sekiranya tidak akan merugikan pihak manapun termasuk diri Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *