5 Hal yang Perlu Disiapkan dalam Membangun Bisnis Franchise

5 Hal yang Perlu Disiapkan dalam Membangun Bisnis Franchise

Pernah mendengar kata franchise? Apa itu bisnis franchise? Bisnis franchise (waralaba) merupakan bisnis yang dijalankan oleh banyak orang (franchise), namun memiliki satu brand yang sama. Ini membuat franchise memiliki pasar yang luas karena tersebar di mana-mana.

Bagi Anda yang ingin membangun bisnis franchise simak 5 hal berikut.

Lakukan riset pasar

Bagi pelaku bisnis pemula, langkah awal yang harus dilakukan adalah riset pasar. Melakukan usaha tanpa riset yang benar hanya akan membuat bisnis Anda tidak dilirik konsumen. Mulai dari penentuan jenis ataupun bidang usaha apa yang Anda ingin franchise-kan. Siapa saja target pasar Anda, berapa usia mereka, apa saja kesukaan dan kebiasaan target Anda, ini harus jelas.

Riset pasar yang jelas akan membuat Anda bisa mengamati perkembangan usaha yang sedang dijalankan dan bagaimana perkembangan ke depannya. Riset ini juga bisa dijadikan evaluasi jika dirasa permintaan pasar sedang turun. Jadilah pelaku bisnis yang dinamis dan mengikuti perkembangan pasar berdasarkan riset yang telah Anda lakukan.

Bangun bisnis franchise dengan legal

Bisnis franchise yang tidak memiliki akar kuat akan mudah gulung tikar. Salah satu yang akan menghindarkan dari adanya permasalahan hukum di kemudian hari adalah legalitas dan perizinan bisnis ini.

Daftarkan bisnis Anda secara resmi sesuai dengan badan hukum usaha yang Anda pilih. Sebagai contoh, badan hukum usaha ada beberapa jenisnya, seperti perseroan atau persekutuan. Penuhi dokumen-dokumen dalam perizinan usaha , jangan ragu untuk berkonsultasi kepada ahli hukum perihal kepengurusan badan hukum usaha.

Urusan legalitas ini akan memudahkan bisnis franchise Anda berkembang ke depannya. Selain itu, reputasi perusahaan juga akan meningkat karena memiliki badan hukum yang jelas.

Buat proposal usaha dengan benar

Jika modal menjadi masalah Anda dalam mendirikan bisnis ini, maka Anda bisa mengajukan proposal usaha kepada lembaga keuangan yang Anda percayai.

Buat proposal usaha dengan benar, dan pertimbangan yang matang, bukan hanya proposal yang penting jadi. Perencanaan usaha yang matang ada pada proposal. Semakin Anda yakin dengan proposal yang Anda buat, maka semakin dekat wawasan Anda dengan bisnis franchise yang Anda bangun.

Cantumkan rencana anggaran belanja yang jelas, sesuaikan dengan harga di pasaran. Tuliskan juga rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang yang ingin Anda wujudkan, buat serealistis mungkin.

Survei lokasi

Bisnis franchise harus memiliki lokasi yang jelas. Lokasi ini baik berupa kantor pusat, tempat produksi, hingga gerai-gerai pemasaran perlu diperhatikan dengan benar.

Bisnis ini memerlukan kemiteraan dengan orang lain supaya usaha dapat berkembang dan menjangkau banyak wilayah. Untuk menjalin kemiteraan dengan orang lain terutama calon franchisee, perusahaan harus memiliki kantor yang profesional dan memiliki tempat yang mudah diakses. Pertimbangkan pula kenyamanan lokasi supaya dalam melakukan rapat atau pertemuan akan terjalin kesepakatan.

Promosi bisnis franchise

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah persoalan promosi bisnis. Dalam menjalankan bisnis ini, terkenal atau tidaknya suatu brand adalah kuncinya, maka promosi sangat perlu diperhatikan.

Anda bisa melakukannya baik secara online maupun offline. Secara online misalnya adalah dengan memanfaatkan media sosial ataupun situs web. Buat konten-konten yang menarik ditambah pula dengan gambar dan video yang mendukung.

Sementara secara offline, Anda bisa gencar melakukan promosi dengan diskon pembukaan gerai atau mempromosikan bisnis franchise murah dengan secara langsung mendatangi calon franchisee yang Anda rasa mau bergabung dengan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *